FTB - Forum Diskusi Bulutangkis Indonesia Yang Informatif, Nyaman & Independent
Register FAQ Members List Calendar Mark Forums Read

Notices

Go Back   FTB - Forum Diskusi Bulutangkis Indonesia Yang Informatif, Nyaman & Independent > Teknik Tepok Bulu > Konsultasi Kesehatan Dan Pemulihan Cidera

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 13 Nov 2010, 10:18
panda8898's Avatar
panda8898 panda8898 is offline
Member
 
Join Date: Mar 2010
Posts: 648
Default Kenapa Orang Perlu Main Badminton?

Kenapa Orang Perlu Main Badminton?

Merry Wahyuningsih - detikHealth


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Buat orang Indonesia dan Asia umumnya, permainan bulutangkis alias badminton sudah menjadi olahraga yang merakyat. Ternyata dari hasil penelitian, olahraga ini memang layak dimainkan dan lebih unggul ketimbang tenis.

Bulutangkis adalah olahraga raket yang biasanya dilakukan di dalam ruangan. Bulutangkis bisa menjadi bentuk latihan aerobik yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina.

Alasan orang bermain bulutangkis bisa bermacam-macam, baik hanya untuk olahraga rutin atau bahkan untuk kompetisi.

Tapi seperti dilansir Livestrong dan Menshealth, Jumat (12/11/2010), berikut beberapa alasan kenapa orang harus berolahraga bulutangkis:

1. Bakar banyak kalori
Jumlah kalori yang terbakar selama bermain bulutangkis sebagian tergantung pada intensitas bermain. Rata-rata pemain dengan berat badan 68 kg dapat membakar kalori sekitar 272 kalori per jam. Tapi untuk sebuah kompetisi bulutangkis, pemain bisa membakar sekitar 500 kalori dalam satu jam.

Tapi pembakaran kalori dari bermain bulutangkis juga dipengaruhi oleh berat badan pemainnya. Sebagai contoh, orang dengan berat badan 90 kg bisa membakar 544 kalori dalam 1 jam bermain bulutangkis. Sedangkan orang dengan berat badan 55 kg membakar 327 kalori dengan durasi yang sama.

2. Memberi manfaat kardio yang besar
Bermain bulutangkis merupakan latihan yang memberi manfaat kardio yang lebih besar dibandingkan squash (sejenis olahraga raket) dan tenis.

3. Melatih kekuatan kaki
Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan bahwa bulutangkis merupakan olahraga yang dapat melatih kekuatan kaki. 15 persen dari gerakan bulutangkis adalah gerakan cepat, seperti melompat, menekuk lutut dan berlari.

4. Memberi kepadatan tulang
Studi terpisah dari Swedia menunjukkan bahwa bermain bulutangkis dapat meningkatkan kepadatan tulang yang signifikan. Oleh karena itu, olahraga ini bisa menjauhkan seseorang dari ancaman osteoporosis.

(mer/ir)
Reply With Quote
  #2  
Old 13 Nov 2010, 12:08
send4m3's Avatar
send4m3 send4m3 is offline
Racun dari Barat
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 1,839
Default

hehe... aku mau posting... ternyata bro panda dah posting... mantap dah

ini linknya teman2: http://www.detikhealth.com/read/2010...nton?881104755

jadi tambah yakin ttg sport pilihan ane nih
Reply With Quote
  #3  
Old 13 Nov 2010, 12:11
dandi's Avatar
dandi dandi is online now
Member
 
Join Date: Jun 2010
Location: Bandung, Cianjur
Posts: 936
Send a message via Yahoo to dandi
Default sip!

trims imponya bro panda
Reply With Quote
  #4  
Old 14 Nov 2010, 00:30
gendruw's Avatar
gendruw gendruw is offline
Super Nubie
 
Join Date: Nov 2009
Location: Jakarta
Posts: 3,341
Send a message via Yahoo to gendruw
Default

nice info, bro.
yang perlu diingat, jangan lupa pemanasan yang cukup dulu yah sebelum maen
__________________
Salam tepok bulu!

Peraturan Umum FTB dan Netiket FTB - mari turut serta menjaga agar FTB menjadi tempat diskusi yang nyaman.
Thread kritik & saran khusus untuk mod/admin - postingan diluar thread ini akan dihapus.
Thread laporan post bermasalah
- jangan terpancing emosi, biarkan mod & admin yang menyelesaikan.
Reply With Quote
  #5  
Old 14 Nov 2010, 07:40
Erique's Avatar
Erique Erique is offline
Moderator
 
Join Date: Nov 2009
Location: Bandung
Posts: 787
Default

Quote:
Originally Posted by panda8898 View Post
Kenapa Orang Perlu Main Badminton?

Merry Wahyuningsih - detikHealth


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Buat orang Indonesia dan Asia umumnya, permainan bulutangkis alias badminton sudah menjadi olahraga yang merakyat. Ternyata dari hasil penelitian, olahraga ini memang layak dimainkan dan lebih unggul ketimbang tenis.

Bulutangkis adalah olahraga raket yang biasanya dilakukan di dalam ruangan. Bulutangkis bisa menjadi bentuk latihan aerobik yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina.

Alasan orang bermain bulutangkis bisa bermacam-macam, baik hanya untuk olahraga rutin atau bahkan untuk kompetisi.

Tapi seperti dilansir Livestrong dan Menshealth, Jumat (12/11/2010), berikut beberapa alasan kenapa orang harus berolahraga bulutangkis:

1. Bakar banyak kalori
Jumlah kalori yang terbakar selama bermain bulutangkis sebagian tergantung pada intensitas bermain. Rata-rata pemain dengan berat badan 68 kg dapat membakar kalori sekitar 272 kalori per jam. Tapi untuk sebuah kompetisi bulutangkis, pemain bisa membakar sekitar 500 kalori dalam satu jam.

Tapi pembakaran kalori dari bermain bulutangkis juga dipengaruhi oleh berat badan pemainnya. Sebagai contoh, orang dengan berat badan 90 kg bisa membakar 544 kalori dalam 1 jam bermain bulutangkis. Sedangkan orang dengan berat badan 55 kg membakar 327 kalori dengan durasi yang sama.

2. Memberi manfaat kardio yang besar
Bermain bulutangkis merupakan latihan yang memberi manfaat kardio yang lebih besar dibandingkan squash (sejenis olahraga raket) dan tenis.

3. Melatih kekuatan kaki
Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan bahwa bulutangkis merupakan olahraga yang dapat melatih kekuatan kaki. 15 persen dari gerakan bulutangkis adalah gerakan cepat, seperti melompat, menekuk lutut dan berlari.

4. Memberi kepadatan tulang
Studi terpisah dari Swedia menunjukkan bahwa bermain bulutangkis dapat meningkatkan kepadatan tulang yang signifikan. Oleh karena itu, olahraga ini bisa menjauhkan seseorang dari ancaman osteoporosis.

(mer/ir)
Thanks bro panda untuk infonya...
Ada beberapa tambahan info supaya lebih lengkap untuk masing-masing point.
1. Bulutangkis termasuk olahraga intensitas tinggi, jadi harus dipastikan memiliki kebugaran fisik yang baik dan tidak ada risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kegemukan, penyumbatan pembuluh darah. Karena dengan kondisi tersebut maka risiko terkena serangan jantung meningkat. Pembakaran kalori pada olahraga ini memang tinggi karena intensitasnya yang tinggi. Periksakan diri anda ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan anda sebelum latihan bulutangkis.

2.Sumber kalori yang digunakan saat intensitas tinggi kebanyakan berasal dari karbohidrat dan sedikit dari lemak. Untuk mereka yang ingin mengurangi berat badan, sebaiknya kombinasikan dengan olahraga dengan intensitas sedang seperti jalan cepat, jogging, bersepeda, renang, dll yang lebih banyak menggunakan lemak sebagai sumber kalori.

3. Bulutangkis dapat meningkatkan kepadatan tulang, tetapi dengan intensitas dan frekuensi yang tepat, dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing. Jika berat badan berlebih maka olahraga intensitas tinggi meningkatkan risiko cedera pada sendi, terutama lutut. Permukaan yang keras dan sepatu dengan insole dan outsole yang tipis meningkatkan risiko cedera. Sebaiknya tidak bermain 2 hari berturut-turut untuk memberikan cukup waktu tubuh untuk recovery.

Salam tepokbulu.:)
Reply With Quote
  #6  
Old 14 Nov 2010, 20:07
steve2010 steve2010 is offline
Tepokbulu Addict
 
Join Date: Mar 2010
Posts: 1,216
Default

Setujuuuuu.... thanks buat inponya bro Panda dan juga bro Erique yang sudah melengkapinya.

Kalau teman saya, main bulutangkis untuk cari duit, karena dia suka sekali taruhan he3x
Reply With Quote
  #7  
Old 14 Nov 2010, 22:37
andyhs andyhs is offline
Tepokbulu Addict
 
Join Date: Sep 2010
Posts: 1,518
Default

kl main badminton sebaiknya pas udah cape berhenti, apa dilanjutin dikit, biar napas (stamina) lebih terlatih buat lebih long run ?
kalo udah pegel2 dilanjutin dikit apa berhenti juga ?
Reply With Quote
  #8  
Old 18 Nov 2010, 19:16
ak1218 ak1218 is offline
Moderator
 
Join Date: Nov 2009
Posts: 1,307
Default

Quote:
Originally Posted by panda8898 View Post
Kenapa Orang Perlu Main Badminton?

Merry Wahyuningsih - detikHealth


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Buat orang Indonesia dan Asia umumnya, permainan bulutangkis alias badminton sudah menjadi olahraga yang merakyat. Ternyata dari hasil penelitian, olahraga ini memang layak dimainkan dan lebih unggul ketimbang tenis.

Bulutangkis adalah olahraga raket yang biasanya dilakukan di dalam ruangan. Bulutangkis bisa menjadi bentuk latihan aerobik yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina.

Alasan orang bermain bulutangkis bisa bermacam-macam, baik hanya untuk olahraga rutin atau bahkan untuk kompetisi.

Tapi seperti dilansir Livestrong dan Menshealth, Jumat (12/11/2010), berikut beberapa alasan kenapa orang harus berolahraga bulutangkis:

1. Bakar banyak kalori
Jumlah kalori yang terbakar selama bermain bulutangkis sebagian tergantung pada intensitas bermain. Rata-rata pemain dengan berat badan 68 kg dapat membakar kalori sekitar 272 kalori per jam. Tapi untuk sebuah kompetisi bulutangkis, pemain bisa membakar sekitar 500 kalori dalam satu jam.

Tapi pembakaran kalori dari bermain bulutangkis juga dipengaruhi oleh berat badan pemainnya. Sebagai contoh, orang dengan berat badan 90 kg bisa membakar 544 kalori dalam 1 jam bermain bulutangkis. Sedangkan orang dengan berat badan 55 kg membakar 327 kalori dengan durasi yang sama.

2. Memberi manfaat kardio yang besar
Bermain bulutangkis merupakan latihan yang memberi manfaat kardio yang lebih besar dibandingkan squash (sejenis olahraga raket) dan tenis.

3. Melatih kekuatan kaki
Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan bahwa bulutangkis merupakan olahraga yang dapat melatih kekuatan kaki. 15 persen dari gerakan bulutangkis adalah gerakan cepat, seperti melompat, menekuk lutut dan berlari.

4. Memberi kepadatan tulang
Studi terpisah dari Swedia menunjukkan bahwa bermain bulutangkis dapat meningkatkan kepadatan tulang yang signifikan. Oleh karena itu, olahraga ini bisa menjauhkan seseorang dari ancaman osteoporosis.

(mer/ir)
Nomor 1, 2 dan 4 gw setuju
yang nomor 3 gw kurang setuju karena bikin gw cedera yang lama

Quote:
Originally Posted by Erique View Post
Thanks bro panda untuk infonya...
Ada beberapa tambahan info supaya lebih lengkap untuk masing-masing point.
1. Bulutangkis termasuk olahraga intensitas tinggi, jadi harus dipastikan memiliki kebugaran fisik yang baik dan tidak ada risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kegemukan, penyumbatan pembuluh darah. Karena dengan kondisi tersebut maka risiko terkena serangan jantung meningkat. Pembakaran kalori pada olahraga ini memang tinggi karena intensitasnya yang tinggi. Periksakan diri anda ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan anda sebelum latihan bulutangkis.

2.Sumber kalori yang digunakan saat intensitas tinggi kebanyakan berasal dari karbohidrat dan sedikit dari lemak. Untuk mereka yang ingin mengurangi berat badan, sebaiknya kombinasikan dengan olahraga dengan intensitas sedang seperti jalan cepat, jogging, bersepeda, renang, dll yang lebih banyak menggunakan lemak sebagai sumber kalori.

3. Bulutangkis dapat meningkatkan kepadatan tulang, tetapi dengan intensitas dan frekuensi yang tepat, dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing. Jika berat badan berlebih maka olahraga intensitas tinggi meningkatkan risiko cedera pada sendi, terutama lutut. Permukaan yang keras dan sepatu dengan insole dan outsole yang tipis meningkatkan risiko cedera. Sebaiknya tidak bermain 2 hari berturut-turut untuk memberikan cukup waktu tubuh untuk recovery.

Salam tepokbulu.:)
kayaknya gw keberatan badan kali yah makanya lutut gw jadi cedera bro
Reply With Quote
  #9  
Old 19 Nov 2010, 11:16
Erique's Avatar
Erique Erique is offline
Moderator
 
Join Date: Nov 2009
Location: Bandung
Posts: 787
Default

Quote:
Originally Posted by ak1218 View Post
Nomor 1, 2 dan 4 gw setuju
yang nomor 3 gw kurang setuju karena bikin gw cedera yang lama
kayaknya gw keberatan badan kali yah makanya lutut gw jadi cedera bro
Kayaknya yg no 3 itu maksudnya kelincahan (agility), tetapi gerakan berubah arah yg tiba-tiba akan memberikan beban pada lutut yg besar. Kalau berat badan kita di atas ideal maka beban lutut semakin besar, demikian juga dgn risiko cedera.:)
Untuk mengetahui apakah berat badan kita ideal dgn tinggi badan ini rumusnya:

Indeks Masa Tubuh= berat badan (kg)/ tinggi badan (m) kuadrat.

Kategori IMT untuk orang Asia:

Berat badan kurang jika IMT < 18,5
Berat badan ideal 18,5 - 22,9
Berat badan lebih (overweight) 23 - 24,9
Kegemukan (obesitas) 25 ke atas.
Reply With Quote
  #10  
Old 19 Nov 2010, 12:54
H3RU H3RU is offline
Nubie
 
Join Date: Oct 2010
Location: Melak, Kal-Tim
Posts: 29
Default

mantap infonya bro, ane malah main tiap malam kalau lagi kena giliran shift siang, klo shift malam baru istirahat, yg penting badan sehat, bugar, dan menyalurkan hobi
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump



All times are GMT +8. The time now is 16:08.

Powered by vBulletin® Version 3.8.4
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.