FTB - Forum Diskusi Bulutangkis Indonesia Yang Informatif, Nyaman & Independent
Register FAQ Members List Calendar Mark Forums Read

Notices

Go Back   FTB - Forum Diskusi Bulutangkis Indonesia Yang Informatif, Nyaman & Independent > Peralatan & Aksesoris Tepok Bulu > Sepatu Tepok Bulu

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 18 Jun 2012, 22:09
yuaz yuaz is offline
Member
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 96
Default cara merawat sepatu agar tidak bau

permisi om momod.om mimin...pengen nanya sekaligus sharing sama suhu suhu disini.
Mohon dibantu ya...
Jujur aja,ane selama ini punya masalah ama sepatu yg (maaf)bau kalo udah berumur 2 bulanan.jadwal maen ane paling juga seminggu sekali.
Ane angin2in sblm dpake udah,nyuci insole udah.tp tetep aja.kan gak enak sama tmn maen(selain malu).soalna ane pernah disindir soal bau ini.
Yg ane mao tanyain,gimana sih ngrawat sepatu biar ga bau.
Kalaopun harus dicuci,gmana nyucinya.yg ane liat,bhaan sepatu badminton tu gak cuciable...hehe
mohon pencerahannya ya suhu2
Reply With Quote
  #2  
Old 18 Jun 2012, 22:53
Sulistyomo's Avatar
Sulistyomo Sulistyomo is offline
FTB Kataloger + Moderator
 
Join Date: Sep 2011
Location: Jakarta Barat
Posts: 3,880
Default

bro

biasanya sih pakai pewangi/parfum sepatu... foot spray

banyak kok pilihannya yang tersedia dan dijual di pasaran.

Reply With Quote
  #3  
Old 18 Jun 2012, 23:02
toms's Avatar
toms toms is offline
Member
 
Join Date: Apr 2012
Location: Malang
Posts: 96
Send a message via Yahoo to toms
Default

Dicuci bersih n dijemur di terik matahari ampe kering. Yg bikin bau krn lembab.
Juga biasakan ganti kaos kaki tiap habis maen tepok,

Bener kata om sulis semprot juga pewangi/ parfum spatu
Moga membantu.
Reply With Quote
  #4  
Old 18 Jun 2012, 23:04
dindam43's Avatar
dindam43 dindam43 is offline
Member
 
Join Date: Apr 2012
Location: Jakarta Timur
Posts: 194
Default

Hmm.. ini musti ditelusuri dulu bro penyebabnya. Kalo sepatu udah di angin2, cuci insole harusnya
Tingkat kelembapan sudah turun, kalo kelembapannya tinggi itu yg bikin bau. Penyimpanan sepatunya gimana bro?
Lalu kaos kaki yg digunakan bagaimana, apakah sesuai? Krn kalo kaos kaki biasa daya serapnya kurang serta
Pori2 nya berbedq dgn kaos kaki olahraga atau yg khusus badminton. Lalu maaf apakah kejadian ini hanya terjadi
Pada sepatu badminton saja? Utk sepatu yg lqin bagaimana? Misal sepatu kerja? Dll.

Kalo sy pribadi, sampai dirmh sy angin2 segera dipelataran rmh, lalu sy semprotkan desinfectan khusus sepatu
Yg byk dijual bebas, kalo sy beli ditoko repair sepatu di carrefour (no promo). 2 jam sblm main sepatu
Sy siapkan lalu sy angin2 kembali. Kurang lebih spt itu bro yuaz pengalaman sy pribadi.
Reply With Quote
  #5  
Old 18 Jun 2012, 23:04
dwiser dwiser is online now
Tepokbulu Addict
 
Join Date: Mar 2010
Posts: 2,574
Default

Masak sepatu bisa bau ??
Bukannya akibat dari bau kaki ??
Emang bro ndak pakai kaos kaki ??
Kalo tiap main ganti kaos kaki,di pastikan ndak bau lagi.. Apalagi habis main,sepatu di angin2kan sebentar..
Kalopun masih bau,harus ada yg di ganti itu ..
Reply With Quote
  #6  
Old 18 Jun 2012, 23:12
dindam43's Avatar
dindam43 dindam43 is offline
Member
 
Join Date: Apr 2012
Location: Jakarta Timur
Posts: 194
Default

Quote:
Originally Posted by dwiser View Post
Masak sepatu bisa bau ??
Bukannya akibat dari bau kaki ??
Emang bro ndak pakai kaos kaki ??
Kalo tiap main ganti kaos kaki,di pastikan ndak bau lagi.. Apalagi habis main,sepatu di angin2kan sebentar..
Kalopun masih bau,harus ada yg di ganti itu ..
Apa yg harus diganti bro dwi?
Ganti sepatu apa ganti kaki nya
Reply With Quote
  #7  
Old 18 Jun 2012, 23:50
Sulistyomo's Avatar
Sulistyomo Sulistyomo is offline
FTB Kataloger + Moderator
 
Join Date: Sep 2011
Location: Jakarta Barat
Posts: 3,880
Default

Quote:
Originally Posted by dindam43 View Post
Hmm.. ini musti ditelusuri dulu bro penyebabnya. Kalo sepatu udah di angin2, cuci insole harusnya
Tingkat kelembapan sudah turun, kalo kelembapannya tinggi itu yg bikin bau. Penyimpanan sepatunya gimana bro?

Lalu kaos kaki yg digunakan bagaimana, apakah sesuai? Krn kalo kaos kaki biasa daya serapnya kurang serta Pori2 nya berbedq dgn kaos kaki olahraga atau yg khusus badminton.

Lalu maaf apakah kejadian ini hanya terjadi pada sepatu badminton saja? Utk sepatu yg lqin bagaimana? Misal sepatu kerja? Dll.

Kalo sy pribadi, sampai dirmh sy angin2 segera dipelataran rmh, lalu sy semprotkan desinfectan khusus sepatu Yg byk dijual bebas, kalo sy beli ditoko repair sepatu di carrefour (no promo).

2 jam sblm main sepatu Sy siapkan lalu sy angin2 kembali. Kurang lebih spt itu bro yuaz pengalaman sy pribadi.

ampun

tata cara menjawabnya sistematis sekali..... menunjukkan kemampuan analisa yang logis dan kemampuan metode berpikir yang rumit.... wkwkwkwkkwwkkwkwk

mantap banget deh

ditunggu ya analisa teori fisika terapan terhadap senar badminton....
Reply With Quote
  #8  
Old 19 Jun 2012, 00:44
smash smash is offline
Member
 
Join Date: Jan 2010
Location: Pekalongan
Posts: 614
Send a message via Yahoo to smash
Default

sehabis main, di biasain, tali sepatu di renggang in supaya sepatu terbuka lebar, trus di angin2in, jgn di taruh di dalam tas terus, kl agan ada kipas kecil , taro aja di depan kipas.....
kalo bisa cobalah pakai penyerap kelembapan merk (SILICA GEL), coba cari di forum sebelah... jangan menggunakan kapur barus karena menyebabkan bahan2 dalam sepatu menjadi kering dan memperpendek umur sepatu....

kemudian cek juga kaki agan beli peralatan foot care, semacam amplas untuk kaki...sering2 amplas di tumit kaki karena itu banyak penumpukan kulit mati...trus sering2 gunting kuku, karena kl kuku nya panjang menyebabkan penumpukan kotoran dan bau..kemudian di jari2 kaki, coba yg kulit2 kaki yg tebal2 di gunting pake gunting kuku...

kalo memang bau nya dari kaki agan, coba sebelum tidur, cuci kaki, pake sabun anti septic merk asepso atau detol...kemudian lap kering sampe sela2 kaki, kemudian kasih bedak antiseptic....

segitu aja saran saya bro...

Last edited by smash; 19 Jun 2012 at 00:48.
Reply With Quote
  #9  
Old 19 Jun 2012, 00:48
d3n's Avatar
d3n d3n is offline
Tepokbulu Addict
 
Join Date: May 2010
Location: medan
Posts: 3,432
Send a message via Yahoo to d3n
Default

kalo ane sehabis maen selalu angin2kan,diselipkan kertas koran yg digumpal2kan gt n juga diselip silica gel jg.ampe rumah dibiarkan diruang terbuka.koran/kertas yg digumpal2kan tu ane ganti seminggu 1x.so far sepatu ane bebas bau
Reply With Quote
  #10  
Old 19 Jun 2012, 00:56
Av Han zA kU's Avatar
Av Han zA kU Av Han zA kU is offline
Mister TS
 
Join Date: Feb 2011
Location: SIAP ERROR LAGI DI FTB
Posts: 4,326
Send a message via Yahoo to Av Han zA kU
Default

klw eke pake pewangi sepatu
ga pernah bau sepatunya

__________________



SALE PALING MURAH !!

YONEX SHB 01 LTD KUNING SISA UKURAN 40 HANYA 900.000


HAU HAU-SE SPORT
★ ★ ★ ★ ★ BADMINTON HOUSE ★ ★ ★ ★ ★

PM / CALL / SMS
( 9460-2182 ) - ( 08521-576-576-6 ) - ( PIN BB : 267077C7 )
EMAIL-YM = av_han_za_ku@yahoo.com
JAM TIDUR SAYA PADA SAAT ORG BERANGKAT KERJA....JAM MELEK PADA SAAT ORANG PULANG KERJA


Reply With Quote
  #11  
Old 19 Jun 2012, 06:51
yuaz yuaz is offline
Member
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 96
Default

wkwkwk....
Terimakasih atas jawabannya suhu suhu...jd senyum2 sendiri (ndeso bgt gw gtw ada spray khusus sepatu)
soal yg nanya penyimpanan dan kaos kaki,ane simpen di tempat yg sirkulasi udaranya cukup ko,kaos kaki ganti jg.cuci kaki tiap hari juga.faktor nasib x kali ya?haha
eniwei,itu pewangi sepatu kisaran harganya brapa ya?(blh tanya harga ga ya disini)
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump



All times are GMT +8. The time now is 22:02.

Powered by vBulletin® Version 3.8.4
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.