FTB - Forum Diskusi Bulutangkis Indonesia Yang Informatif, Nyaman & Independent
Register FAQ Members List Calendar Mark Forums Read

Notices

Go Back   FTB - Forum Diskusi Bulutangkis Indonesia Yang Informatif, Nyaman & Independent > Teknik Tepok Bulu > Konsultasi Kesehatan Dan Pemulihan Cidera

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 22 Nov 2010, 17:07
johnkler's Avatar
johnkler johnkler is offline
Member
 
Join Date: Oct 2010
Location: Solo
Posts: 129
Default mengatasi sakit pinggang (orang jw bilang boyok)

Bagaimana mengobati S?KttT? pinggang ato S?KttT? boyok. Sering muncul apabila terlalu banyak badminton. Apabila kambuh utk berdiri dr duduk terasa sulit, musti dgn membungkukkan badan.
Terima kasih
Reply With Quote
  #2  
Old 22 Nov 2010, 22:03
Erique's Avatar
Erique Erique is offline
Moderator
 
Join Date: Nov 2009
Location: Bandung
Posts: 817
Default

Quote:
Originally Posted by johnkler View Post
Bagaimana mengobati S?KttT? pinggang ato S?KttT? boyok. Sering muncul apabila terlalu banyak badminton. Apabila kambuh utk berdiri dr duduk terasa sulit, musti dgn membungkukkan badan.
Terima kasih
Pertama, lakukan olahraga bulutangkis sesuai kemampuan, jangan paksakan. Kedua kemungkinan otot punggung kurang kuat, jadi harus latih kekuatan otot-otot punggung. Latihan otot-otot punggung harus disertai dengan latihan otot-otot abdomen, supaya kekuatan depan dan belakang seimbang.:)
Reply With Quote
  #3  
Old 23 Nov 2010, 07:49
johnkler's Avatar
johnkler johnkler is offline
Member
 
Join Date: Oct 2010
Location: Solo
Posts: 129
Default

Bagaimanakah cara melakukan latihanya dok?
Satu lg dok, bila utk berdiri terlalu lama spt upacara pinggang terasa sakit/pegal yg sangat.
Terimakasih
Reply With Quote
  #4  
Old 23 Nov 2010, 15:20
Erique's Avatar
Erique Erique is offline
Moderator
 
Join Date: Nov 2009
Location: Bandung
Posts: 817
Default

Quote:
Originally Posted by johnkler View Post
Bagaimanakah cara melakukan latihanya dok?
Satu lg dok, bila utk berdiri terlalu lama spt upacara pinggang terasa sakit/pegal yg sangat.
Terimakasih
Sepertinya harus periksa ke dokter dulu deh bagian pinggangnya, karena di daerah pinggang ada tulang punggung, saraf, otot, ginjal, dll. Kalau tidak ada masalah dengan bagian pinggang baru latihan penguatan yang dibantu oleh instruktur fitness yang baik.
Reply With Quote
  #5  
Old 21 Dec 2010, 15:52
sitohang sitohang is offline
Banned
 
Join Date: Dec 2010
Posts: 35
Default

pak dokter, bukannya asam uratnya yang tinggi gejala seperti itu.
Reply With Quote
  #6  
Old 22 Dec 2010, 06:45
Erique's Avatar
Erique Erique is offline
Moderator
 
Join Date: Nov 2009
Location: Bandung
Posts: 817
Default

Quote:
Originally Posted by sitohang View Post
pak dokter, bukannya asam uratnya yang tinggi gejala seperti itu.
Asam urat tinggi biasanya gejalanya bukan di pinggang tapi di kaki atau lutut. Asam urat tinggi menyebabkan artritis dan akan dirasakan sepanjang hari, tidak perlu berdiri lama baru terasa nyeri. Selain nyeri ada juga pembengkakan di daerah yang nyeri.:)
Reply With Quote
  #7  
Old 22 Dec 2010, 09:16
sitohang sitohang is offline
Banned
 
Join Date: Dec 2010
Posts: 35
Default

Quote:
Originally Posted by Erique View Post
Asam urat tinggi biasanya gejalanya bukan di pinggang tapi di kaki atau lutut. Asam urat tinggi menyebabkan artritis dan akan dirasakan sepanjang hari, tidak perlu berdiri lama baru terasa nyeri. Selain nyeri ada juga pembengkakan di daerah yang nyeri.:)
makasih pak dokter penjelasannya
Reply With Quote
  #8  
Old 27 Apr 2011, 15:05
htengara's Avatar
htengara htengara is offline
Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: DKI Jakarta
Posts: 214
Send a message via Yahoo to htengara
Default

lam kenal bpk dr.

minggu lalu ane baru kena neh, sakit pinggang, gara2 kurang pemanasan..........

tapi itu pun kenanya pas set ke 2.

kalau ane yg udah sering kena sih ada bbrp cara:
1. jangan tidur di kasur/springbed, kalau bisa di lantai pakai matras/tikar.
2. sering2 streching en gerakin pinggang
3. jangan duduk terlalu lama di satu posisi
4. minum air nyang banyak
5. kalau perlu balur arak/balsem/pereda nyeri dilokasi
6. kalau perlu juga minum supplement buat otot
Reply With Quote
  #9  
Old 03 Feb 2016, 09:16
widi13 widi13 is offline
Member
 
Join Date: Aug 2014
Posts: 55
Default

Sy pakai suplement viost*n DS lumayan manjur suhuuu
Reply With Quote
  #10  
Old 03 Feb 2016, 23:24
titot's Avatar
titot titot is offline
Tepokbulu Addict
 
Join Date: Jun 2014
Location: Semarang
Posts: 1,294
Default

Quote:
Originally Posted by widi13 View Post
Sy pakai suplement viost*n DS lumayan manjur suhuuu
Maaf suhu.. Kira2 kedepannya ntar ada efek sampingnya ga ya..??
Reply With Quote
  #11  
Old 04 Feb 2016, 08:40
Arif Andriyanto Arif Andriyanto is offline
Member
 
Join Date: Jan 2015
Posts: 325
Default

Pemanasan yg cukup dan minum suplemen bila diperlukan
Reply With Quote
  #12  
Old 05 Feb 2016, 09:04
Made KS Made KS is offline
Member
 
Join Date: Apr 2015
Location: Malang, jatim
Posts: 414
Default

Banyak pemain yg lupa setelah nepok selesai lupa pelemasan lg, ini jg faktor knapa sakit ototnya, setelah otot begitu tegang dipakai nepok gak dilemaskan lg

Imho just my experience
Reply With Quote
  #13  
Old 05 Feb 2016, 09:21
sweetspot's Avatar
sweetspot sweetspot is offline
Tepokbulu Addict
 
Join Date: Jan 2012
Location: INDONESIA
Posts: 2,965
Default

Pijet ke yang bener2 ahli. Ikuti dengan minum air sesuai saran medis. Kalau menurut saya rasanya itu ada salah urat/kecetit. Saya juga ada keluhan loro boyok. Tapi, biasanya hilang setelah minum air putih cukup.
Reply With Quote
  #14  
Old 05 Feb 2016, 18:44
Made KS Made KS is offline
Member
 
Join Date: Apr 2015
Location: Malang, jatim
Posts: 414
Default

Quote:
Originally Posted by sweetspot View Post
Pijet ke yang bener2 ahli. Ikuti dengan minum air sesuai saran medis. Kalau menurut saya rasanya itu ada salah urat/kecetit. Saya juga ada keluhan loro boyok. Tapi, biasanya hilang setelah minum air putih cukup.
Mohon pencerahan tempat "pijet" yg ahli dmana mbah?
Reply With Quote
  #15  
Old 06 Feb 2016, 08:03
sweetspot's Avatar
sweetspot sweetspot is offline
Tepokbulu Addict
 
Join Date: Jan 2012
Location: INDONESIA
Posts: 2,965
Default

Quote:
Originally Posted by Made KS View Post
Mohon pencerahan tempat "pijet" yg ahli dmana mbah?
Payung Batu, Mas. Hahaha
Reply With Quote
  #16  
Old 07 Feb 2016, 10:21
rosandi rosandi is offline
Member
 
Join Date: Oct 2014
Location: Bondowoso
Posts: 303
Default

saya pny guru pijat urat..sdh bertahun2 cocok..sy sdh sempat beberapa kali cidera krna badminton. tapi tenang2 aja...hehehehe
Reply With Quote
  #17  
Old 09 Jun 2016, 16:55
Nob78's Avatar
Nob78 Nob78 is offline
Member
 
Join Date: Apr 2016
Location: Bekasi
Posts: 141
Default

Banyak minum air putih, sama jaga berat badan aja
Reply With Quote
  #18  
Old 11 Jun 2016, 12:10
Lybie Lybie is offline
Nubie
 
Join Date: Jan 2013
Location: west java
Posts: 48
Default

ada yg tau ga pijit yg bagus dibandung...belakang lutut ketarik nih kayaknya
Reply With Quote
  #19  
Old 04 Jul 2016, 19:28
Lin Dan's Avatar
Lin Dan Lin Dan is offline
Tepokbulu Maniac
 
Join Date: Apr 2013
Location: SIDOARJO - JAWA TIMUR
Posts: 5,494
Default

Minum air putih
Reply With Quote
  #20  
Old 05 Jul 2016, 19:52
pamganden's Avatar
pamganden pamganden is offline
Member
 
Join Date: Nov 2015
Location: jember
Posts: 65
Default

Boyok bagian kiri bawah nyeri pas buat lari
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump



All times are GMT +8. The time now is 13:22.

Powered by vBulletin® Version 3.8.4
Copyright ©2000 - 2016, Jelsoft Enterprises Ltd.